Perbedaan Disposisi Dengan Surat Perintah Kerja - Upah Karyawan

Saturday, February 3, 2018

Perbedaan Disposisi Dengan Surat Perintah Kerja

Perbedaan Disposisi Dengan Surat Perintah Kerja. Dalam dunia kerja sering kali kita mendengar istilah disposisi dan juga istilah surat perintah kerja. Namun tidak semua pekerja memahami apa itu disposisi dan surat perintah kerja. Lalu apa sih sebenarnya disposisi itu, apakah sama dengan surat perintah kerja atau beda. Lewat tulisan ini saya akan mencoba menjelaskan perbedaan surat disposisi dan surat perintah kerja.

Perbedaan Disposisi Dengan Surat Perintah Kerja

PENGERTIAN DISPOSISI

Disposisi menurut beberapa ahli memiliki pengertian tersendiri bahkan selain itu istilah disposisi beraneka macam. Maka tidaklah salah jika kemudian masih banyak yang belum memahami apasih sebenarnya yang dimaksud dengan disposisi itu. Berikut ini adalah pengertian disposisi berdasarkan penempatan makna dan tujuannya.
  • Disposisi adalah suatu sikap atau kecenderungan sikap
  • Disposisi adalah suatu keinginan, kemampuan dan kecenderungan para pelaku kebijakan tersebut secara bersungguh-sungguh
  • Disposisi surat adalah catatan berupa tanggapan, saran atau instruksi setelah surat tersebut dibaca oleh pimpinan. Disposisi merupakan petunjuk tertulis mengenai tindak lanjut dari penyelesaian surat.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Menarik : Contoh Membuat Surat Tugas Yang Baik Dan Benar
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TUJUAN DIBUATNYA SURAT DISPOSISI

Lembar disposisi secara umum berisi informasi nonverbal untuk diterjemahkan secara seksama dan ditindaklanjuti. Disposisi merupakan petunjuk singkat tentang tindak lanjut(penyelesaian) terhadap suatu urusan atau surat masuk. Disposisi dibuat oleh pimpinan untuk staf atau bawahan sesuai dengan bidang keahlian atau kewenangannya. Tujuan pembuatan disposisiialah agar staf dapat menindaklanjuti atau menyelesaikan suatu urusan atau surat masuk sesuai dengan yang dikehendaki oleh pimpinan. Tindak lanjut dapat berupa surat balasan, tindakan-tindakan lain dalam rangka menyelesaikan urusan tersebut.

Sebelum diserahkan kepada pimpinan, surat masuk terlebih dahulu dikendalikan oleh bagian administrasi dan diberi lembar disposisi. Pengisian lembar disposisi yang menyangkut masalah pengagendaan seperti indeks, kode, nomor urut, dan data-data tentang surat dilakukan oleh bagian administrasi. Indeks, kode, dan nomor urut berisi kata/sandi yang bisa digunakan untuk merunut kembali dimana letak surat tersebut dalam agenda atau pengarsipan. Selanjutnya pimpinan mendisposisikan siapa yang diberi tugas atau tanggung jawab untuk menindaklanjuti, serta bagaimana intruksi-intruksinya.

PENGERTIAN SURAT PERINTAH KERJA

Surat perintah kerja adalah adalah surat yang di gunakan untuk memberikan perintah kepada seseorang agar melakukan suatu pekerjaan. Isi dalam surat perintah kerja terdapat dua pihak, pihak pertama adalah orang yang yang menerbitkan surat perintah ( Kepala Kantor) dan Pihak ke dua adalah orang yang menerima perintah yang akan bertanggung jawab atau orang/pihak yang melaksanakan/melakukan dari surat perintah tersebut.

FUNGSI SURAT PERINTAH KERJA
  • Sebagai surat resmi perintah pengerjaan suatu proyek
  • Sebagai dokumentasi proyek yang sudah pernah dikerjakan
  • Alat estimasi biaya dan laba proyek tertentu secara historical
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Artikel Lainnya : Pengertian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MEMBUAT SURAT PERINTAH KERJA
  • Tanggal input (tanggal memasukan spk)
  • customer (nama customer yang memesan, kalau belum ada bisa ditambah dahulu)
  • Tanggal Mulai (tanggal memulai pengerjaan spk)
  • Tanggal jadi (tanggal target penyelesaian spk)
  • keterangan (opsional)
  • Tanggal kirim (tanggal kapan barang pesanan tersebut akan dikirim)
  • Penerima (penerima barang saat dikirim)
  • Nomor PO (nomor PO dari customor untuk order tersebut)
  • Tanggal PO (tanggal PO yang bersangkutan)
  • Devisi (devisi barang yang dipesan)
  • keterangan (opsional)
  • Prioritas (tingkat prioritas pengerjaan spk)
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca Juga : Pengertian Dan Contoh Membuat Surat Perintah Kerja
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Setelah membaca tulisan diatas diharapkan anda sudah mengerti dan tahu perbedaan antara surat disposisi dan surat perintah kerja. Jika masih ada yang belum dipahami bisa mencari referensi lain melalui pencarian mesin google. Karena apa yang disampaikan disini adalah intisari dari masing-masing pengertian surat disposisi dan surat perintah kerja.

Mungkin itu saja informasi yang bisa kami sampaikan lewat tulisan singkat ini, selanjutnya penulis berharap akan segala masukan, kritik dan saran demi perbaikan blog ini. Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment