Pengertian Dan Contoh Membuat Surat Perintah Kerja - Upah Karyawan

Monday, March 9, 2015

Pengertian Dan Contoh Membuat Surat Perintah Kerja

Jika anda bekerja di sebuah perusahaan, baik itu perusahaan kelas atas maupun perusahaan kelas menengah jika posisi anda sebagai operator pasti pernah mendapatkan Surat Perintah Kerja atau yang lebih dikenal dengan nama SPK tatkala anda ingin mengerjakan suatu pekerjaan.

contoh surat perintah, surat perintah pembayaran, surat perintah lembur, surat perintah kerja dalam bahasa inggris, surat perintah adalah, surat perintah kerja, surat perintah mulai kerja, surat perintah perjalanan dinas
Pengertian Dan Contoh Membuat Surat Perintah Kerja

Pada dasarnya surat perintah kerja dan surat tugas kerja perusahaan isinya tidaklah jauh beda. Hanya saja dari siapa dan kepada siapa surat kerja itu dibuat.

Pengertian Surat Perintah adalah surat yang diberikan oleh pihak atasan kepada bawahannya untuk melaksanakan suatu pekerjaan tertentu. Surat perintah kerja ini ditulis oleh atasan yang berwenang dan ditunjukkan kepada bawahannya untuk mengerjakan suatu pekerjaan.

Apakah surat perintah kerja (SPK) ini penting dang sangat perlu dibuat. Surat perintah kerja sangat perlu dibuat tidak lain adalah bahwa ada kalanya suatu pekerjaan harus dikerjakan oleh orang-orang tertentu yang benar-benar berpengalaman dalam bidangnya dan memiliki otoritas dan kewenangan untuk melakukan pekerjaan tersebut sesuai dengan kemampuan yang dipercayakan kepadanya.

Isi dari surat perintah bisa bermacam-macam sesuai dengan perintah yang telah dimandatkan oleh atasan. Sebagai salah satu surat resmi, surat perintah wajib mencantumkan Kop Surat dari instansi atau perusahaan pembuat surat dengan alamat yang lengkap. Untuk menandakan bahwa surat yang dikeluarkan merupakan surat perintah maka wajib and kudu menuliskan kalimat ‘Surat Perintah’ di bagian bawah kop surat sebagai judul surat.

Setelah judul, merupakan badan surat, yaitu isi dari surat perintah tersebut. Termasuk didalamnya nama-nama beserta jabatan yang lengkap, NIP, golongan dari yang bersangkutan yang akan diperintahkan dan detail tugas yang akan diberikan kepada nama-nama yang tertera dalam surat perintah tersebut.

Terahir adalah penutup surat. untuk penutup surat, tuliskan nama atasan yang memberi tugas, tanggal, bulan dan tahun pembuatan surat, sehingga jelas surat perintah itu kapan dikeluarkan.

Untuk diperhatikan, dalam Surat Perintah Kerja (SPK) juga di cantumkan poin poin pekerjaan yang harus dituntaskan.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Contoh Surat Perintah Kerja


PT.INDONESIA AIR TRANSPORT
Jalan Marsmanda No.32 Sepinggan
BALIKPAPAN
============================================================


SURAT PERINTAH KERJA
No . 120/SP/K/2015

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Abal Abal Kurnia
Jabatan : Local Engineer L/A
Alamat : Jalan Mt.Haryono No.7

Memberikan perintah kerja kepada :

Nama : Topan Anak Jalanan
Jabatan : Engineer L/A
Alamat : Jalan Pendana 2 No.1

Spesifikasi pekerjaan :
1 . Mengecek pesawat fix swing setiap bulan.
2 . Membuat laporan data monitoring tiap bulannya keadaan pesawat.
3 . Menindaklanjuti pembongkaran 3000 jam terbang.

Demikian surat perintah kerja ini agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih .

Dikeluarkan di : Balikpapan
Pada tanggal : 09 Maret 2015
PT. INDONESIA AIR TRANSPORT



Abal Abal Kurnia
Local Engineer L/A
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Melihat dari contoh tersebut kita dapat mengetahui setidaknya ada tiga bagian penting dalam surat tugas tersebut. Yang pertama adalah informasi mengenai si pemberi tugas, dalam hal ini atasan yang berwenang untuk memberikan tugas atau perintah. Informasi kedua tentunya adalah informasi mengenai si penerima tugas yaitu orang yang akan diminta untuk melaksanakan tugas pekerjaan tertentu. Selanjutnya adalah informasi mengenai pekerjaan yang harus dikerjakan atau ditangani.

Surat tugas kerja tersebut ditanda tangani oleh pemberi tugas lengkap dengan tanggal dan tempat ditetapkan serta jabatan. Biasanya surat tugas berlaku sejak tanggal ditetapkan yaitu tanggal yang tercantum dibagian tanda tangan pemberi tugas.

Itulah informasi terkait pengertian dan contoh membuat surat perintah kerja. Penulis menyadari bahwa apa yang telah penulis sampaikan melalui tulisan ini tentunya masih banyak kekurangan. Karena disini penulis hanya sekedar memberikan contoh saja, selebihnya terkait masalah contoh pembuatan surat perintah kerja bisa disesuaikan berdasarkan apa yang sudah berlaku diperusahaan tempat anda bekerja. Karena setiap perusahaan mempunyai cara tersendiri dalam membuat surat perintah kerja. Mungkin itu saja, selanjutnya penulis berharap akan segala masukan, kritik dan saran demi perbaikan blog ini. Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment